Latest Entries »

Kamis, 25 Februari 2010

Profil Nabi Muhammad saw


Banyak orang bertanya kepada saya: Seperti apakah Nabi saw itu, bagaimana gambaran beliau secara jasmaniah, bagaimana penampilannya, bagaimana duduknya, bangunnya, berjalannya, makannya atau tidurnya? Saya membuka kitab-kitab hadis. Saya terpesona karena saya menemukan kelurga dan sahabat Nabi saw melukiskannya dengan sangat jelas dan terperinci. Saya pikir tidak pernah ada tokoh besar dunia yang digambarkan begitu terinci seperti kaum muslim menggambarkan Rasulullah.

Memang, sebahagian besar sahabat hanya menggambarkan sebagian saja dari pertemuannya yang mengesankan dengan sang Nabi. Ada yang terpesona dengan keindahan wajahnya sampai bertanya, “Manakah yang lebih tampan, engkau atau Yusuf?” Nabi menjawab dengan tersenyum: “Yusuf lebih tampan tapi aku lebih manis!” Ada yang terpesona melihat wibawanya sampai tubuhnya berguncang. Nabi saw menghiburnya: “Tenang, tenang. Aku ini manusia biasa saja, yang suka makan daging.” Ada yang menceritakan pengalamannya ketika bersentuhan tangan dengannya, “Tidak pernah aku mencium wewangian apa pun yang lebih harum dari Rasulullah. Tidak pernah aku menyentuh sutra apa pun yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah.” Sahabat yang lain bercerita, “Aku mengambil kedua tangan Nabi dan meletakkannya pada wajahku. Tiba-tiba aku merasakan tangannya lebih sejuk dari salju dan lebih wangi dari kesturi” (Baca Al-Husayn bin Mas’ud al-Baghawi, Al-Anwâr fi Syamâil al-Nabiyy al-Mukhtâr).

Berikut ini, saya akan menyampaikan kepada Anda profil Rasulullah yang lebih komprehensi f dari laporan para sahabat tadi. Saya mengutip langsung dari kitab-kitab hadis tanpa menambah dan menguranginya. Tugas Anda dan saya ialah memasukkan uraian di bawah dalam bayangan indah di benak kita. Al-Hasan bin Ali, cucu Nabi yang pernah hidup bersama Nabi meminta pamannya dari pihak ibu untuk menceritakan Nabi kepada kita:

“Saya bertanya kepada paman saya, Hind bin Abi Halah- yang selalu berbicara tentang Nabi yang mulia- untuk menceritakan kepadaku berkenaan dengan Nabi saw agar kecintaanku kepadanya bertamb ah. Ia berkata : Nabi Allah sangat berwibawa dan sangat dihormati. Wajahnya bersinar seperti purnama. Ia lebih tinggi dari orang-orang pendek dan lebih pendek dari orang-orang jangkung. Kepalanya agak besar dengan rambut yang ikal. Bila rambutnya itu bisa disisir, ia pasti menyisir rambutnya. Kalau rambutnya tumbuh panjang, ia tidak akan membiarkannya melewati daun telinganya. Kulitnya putih dengan dahi yang lebar. Kedua alisnya panjang dan lebat tapi tidak bertemu. Di antara kedua alisnya ada pembuluh darah melintang yang tampak jelas ketika beliau marah. Ada seberkas cahaya yang menyapu tubuhnya dari bawah ke atas, seakan-akan mengangkat tubuhnya. Jika orang berjumpa dengannya dan tidak melihat cahaya itu, orang mungkin menduga dia mengangkat kepalanya karena sombong.

Janggutnya pendek dan tebal; pipinya halus dan lebar. Mulutnya lebar dengan gigi-gigi yang jarang dan bersih. Di atas dadanya ada rambut yang sangat halus, lehernya seperti batang perak murni yang indah. Tubuhnya serasi , (semua anggota badannya sangat serasi dengan ukuran anggota badan lainnya). Perut dan dadanya sejajar. Bahu-bahunya lebar, sendi-sendi anggota badannya gempal. Dadanya bidang. Bagian tubuhnya yang tidak tertutup pakaian bersinar terang. Seberkas garis rambut yang tipis memanjang dari dadanya ke pusarnya. Di luar itu dada dan perutnya tidak berbulu sama sekali. Lengan, bahu, dan pundaknya berbulu. Lengannya panjang dan telapak tangannya lebar. Tangan dan kakinya tebal dan kekar. Jari jemarinya panjang. Pertengahan telapak kakinya melengkung tidak menyentuh tanah. Air tidak membasahinya. Ketika ia berjalan, ia mengangkat kakinya dari tanah dengan dada yang dibusungkan. Langkah-langkahnya lembut. Ia berjalan cepat seakan-akan menuruni bukit. Bila ia berhadapan dengan seseorang, ia hadapkan seluruh tubuhnya, bukan hanya kepalanya saja. Matanya selalu merunduk. Pandangannya ke arah bumi lebih lama dari pandangannya ke atas langit. Sekali-kali ia memandang dengan pandangan sekilas. Ia selalu menjadi orang pertama yang mengucapkan salam kepada orang yang ditemuinya di jalan.

Kemudian dia berkata: “Ceritakan kepadaku cara bicaranya.”
Ia berkata:”Ia selalu tampak sendu, selalu merenung dalam dan tidak pernah tenang. Ia banyak diamnya. Ia tidak pernah berbicara yang tidak perlu. Ia memulai dan menutup pembicaraannya dengan sangat fasih. Pembicaraannya singkat dan padat, tanpa kelebihan kata-kata dan tidak kekurangan rincian yang diperlukan. Ia berbicara lembut, tidak pernah kasar atau menyakitkan. Ia selalu menganggap besar anugrah Tuhan betapa pun kecilnya. Ia tidak pernah mengeluhkannya. Ia juga tidak pernah mengecam atau memuji-muji berlebihan apa pun yang ia makan.

Dunia dan apa pun yang ada padanya tidak pernah membuatnya marah. Tetapi jika hak seseorang dirampas, ia akan sangat murka sehingga tidak seorang pun mengenallinya lagi dan tidak ada satu pun yang dapat menghalanginya sampai ia mengembalikan hak itu kepada yang punya. Ketika ia menunjuk sesuatu, ia menunjuk dengan seluruh tangannya. Ketika ia terpesona, ia membalikkan tangannya ke bawah. Ketika Ia berbicara terkadang ia bersidekap atau merapatkan telapak tangan kanannya pada punggung ibu jari kirinya. Ketika ia marah, ia palingkan wajahnya. Ketika ia tersinggung, ia merunduk. Ketika ia tertawa, gigi-giginya tampak seperti untaian butir-butir hujan es.
Imam Hasan berkata: “Saya menyembunyikan berita ini dari Imam Husein sampai suatu saat saya menceritakan kepadanya. Ternyata ia sudah tahu sebelumnya. Kemudian aku bertanya kepadanya tentang berita ini. Ternyata ia telah bertanya kepada ayahnya tentang Nabi saw, di dalam dan di luar rumah, cara duduknya dan penampilannya, dan ia menceritakan semuanya.

Imam Husein berkata: ”Aku bertanya kepada ayahku tentang perilaku Nabi saw ketika ia memasuki rumahnya. Ayahku berkata: ”Ia masuk ke rumah kapan saja ia inginkan. Bila ia berada di rumah ia membagi waktunya menjadi tiga bagian, sebagian untuk Allah, sebagian untuk keluarganya dan sebagian lagi untuk dirinya. Kemudian dia membagi waktunya sendiri antara dirinya dengan orang lain; satu bagian khusus untuk sahabatnya yang khusus dan bagian lainnya untuk umum. Ia tidak menyisakan waktunya untuk kepentingan dirinya. Termasuk kebiasaanya pada bagian yang ia lakukan untuk orang lain ialah mendahulukan atau menghormati orang-orang yang mulia dan ia menggolongkan manusia berdasarkan keutamaannya dalam agama. Di antara sahabatnya ada yang mengajukan satu keperluan, dua keperluan atau banyak keperluan lain. Ia menyibukkan dirinya dengan keperluan mereka. Jadi ia menyibukkan dirinya untuk melayani mereka dan menyibukkan mereka dengan sesuatu yang baik bagi mereka.

Ia sering menanyakan keadaan sahabatnya dan memberitahukan kepada mereka apa yang patut mereka lakukan: “Mereka yang hadir sekarang ini harus memberitahukan kepada yang tidak hadir. Beritahukan kepadaku orang yang tidak sanggup menyampaikan keperluannya kepadaku. Orang yang menyampaikan kepada pihak yang berwewenang keluhan seseorang yang tidak sanggup menyampaikannya, akan Allah kukuhkan kakinya pada hari perhitungan.” Selain hal-hal demikian tidak ada yang disebut-sebut di hadapannya dan tidak akan diterimanya. Mereka datang menemui beliau untuk menuntut ilmu dan kearifan. Mereka tidak bubar sebelum mereka menerimanya. Mereka meninggalkan majlis nabi sebagai para pembimbing untuk orang-orang di belakangnya.

Saya bertanya kepadanya tentang tingkah-laku Nabi yang mulia di luar rumahnya. Ia menjawab: “Nabi itu pendiam sampai dia merasa perlu untuk bicara. Ia sangat ramah dengan setiap orang. Ia tidak pernah mengucilkan seorang pun dalam pergaulannya. Ia menghormati orang yang terhormat pada setiap kaum dan memerintahkan mereka untuk menjaga kaumnya. Ia selalu berhati-hati agar tidak berperilaku yang tidak sopan atau menunjukkan wajah yang tidak ramah kepada mereka. Ia suka menanyakan keadaan sahabat-sahabatnya dan keadaan orang-orang di sekitar mereka, misalnya keluarganya atau tetangganya. Ia menunjukkan yang baik itu baik dan memperkuatnya. Ia menunjukkan yang jelek itu jelek dan melemahkannya. Ia selalu memilih yang tengah-tengah dalam segala urusannya.

Ia tidak pernah lupa memperhatikan orang lain karena ia takut mereka alpa atau berpaling dari jalan kebenaran. Ia tidak pernah ragu-ragu dalam kebenaran dan tidak pernah melanggar batas-batasnya. Orang-orang yang paling dekat dengannya adalah orang-orang yang paling baik. Orang yang paling baik, dalam pandangannya, adalah orang yang paling tulus menyayangi kaum muslimin seluruhnya. Orang yang paling tinggi kedudukannya di sisinya adalah orang paling banyak memperhatikan dan membantu orang lain.

Ia berkata: kemudian aku bertanya kepadanya tentang caranya ia duduk. Ia menjawab: Ia tidak pernah duduk atau berdiri tanpa mengingat Allah. Ia tidak pernah memesan tempat hanya untuk dirinya dan melarang orang lain duduk di situ. Ketika ia datang di tempat pertemuan, ia duduk di mana saja tempat tersedia. Ia juga menganjurkan orang lain untuk berbuat yang sama. Ia memberikan tempat duduk dengan cara yang sama sehingga tidak ada orang yang merasa bahwa orang lain lebih mulia ketimbang dia. Ketika seseorang duduk di hadapannya, ia akan tetap duduk dengan sabar sampai orang itu berdiri dan meninggalkannya. Jika orang meminta sesuatu kepadanya, ia akan memberikan tepat apa yang ia minta. Jika ia tidak sanggup memenuhinya, ia akan mengucapkan kata-kata yang membahagiakannya. Semua orang senang pada akhlaknya sehingga ia seperti ayah bagi mereka dan semua ia perlakukan dengan sama.

Majlisnya adalah majlis kesabaran, kehormatan, kejujuran dan kepercayaan. Tidak ada suara keras di dalamnya dan tidak ada tuduhan-tuduhan yang buruk. Tidak ada kesalahan orang yang diulangi lagi di luar majlis. Mereka yang berkumpul dalam pertemuan memperlakukan sesamanya dengan baik dan mereka terikat satu sama lain dalam kesalehan. Mereka rendah hati, sangat menghormati yang tua dan penyayang pada yang muda, dermawan kepada yang fakir dan ramah pada pendatang dari luar.

Aku bertanya kepadanya bagaimana ia bergaul dengan sahabat-sahabatnya. Ia menjawab: “ Ia ceria, selalu lembut hati, dan ramah. Ia tidak kasar dan tidak berhati keras. Ia tidak suka membentak-bentak. Ia tidak pernah berkata kotor, tidak suka mencari-cari kesalahan orang, juga tidak suka memuji-muji berlebihan. Ia mengabaikan apa yang tidak disukainya dalam perilaku orang begitu rupa sehingga orang tidak tersinggung dan tidak putus asa. Ia menjaga dirinya untuk tidak melakukan tiga hal: bertengkar, banyak omong, dan berbicara yang tidak ada manfaatnya. Ia juga menghindari tiga hal dalam hubungannya dengan orang lain: ia tidak pernah mengecam orang; ia tidak pernah mempermalukan orang; dan ia tidak pernah mengungkit-ungkit kesalahan orang. Ia tidak pernah berkata kecuali kalau ia berharap memperoleh anugrah Tuhan. Bila ia berbicara, pendengarnya menundukkan kepalanya, seakan-akan burung bertengger di atas kepalanya. Baru kalau ia diam, pendengarnya berbicara. Mereka tidak pernah berdebat di hadapannya. Jika salah seorang di antara mereka berbicara, yang lainnya mendengarkannya sampai ia selesai. Mereka bergiliran untuk berbicara di hadapannya. Ia tertawa jika sahabatnya tertawa; ia juga terkagum-kagum jika sahabatnya terpesona. Ia sangat penyabar kalau ada orang baru bertanya atau berkata yang tidak sopan, walaupun sahabat-sahabatnya keberatan. Ia biasanya berkata, “Jika kamu melihat orang yang memerlukan petolongan, bantulah ia.” Ia tidak menerima pujian kecuali dari orang yang tulus. Ia tidak pernah menyela pembicaraan orang kecuali kalau orang itu melampaui batas. Ia menghentikan pembicaraannya atau ia berdiri meninggalkannya.

Kemudian aku bertanya kepadanya tentang diamnya Nabi saw. Ia berkata: Diamnya karena empat hal; karena kesabaran, kehati-hatian, pertimbangan, dan permenungan. Berkaitan dengan pertimbangan, ia lakukan untuk melihat dan mendengarkan orang secara sama. Berkaitan dengan permenungan, ia lakukan untuk memilah yang tersisa (bermanfaat) dan yang binasa (yang tidak bermanfaat). Ia gabungkan kesabaran dengan lapang-dada. Tidak ada yang membuatnya marah sampai kehilangan kendali diri. Ia berhati-hati dalam empat hal: dalam melakukan perbuatan baik sehingga orang dapat menirunya; dalam meninggalkan keburukan sehingga orang berhenti melakukannya; dalam mengambil keputusan yang memperbaiki umatnya; dan dalam melakukan sesuatu yang mendatangkan kebaikan dunia dan akhirat. “ (Ma’âni al-Akhbâr 83; ‘Uyûn al-Akhbâr al-Ridha 1:246; Ibn Katsir, Al-Sîrah al-Nabawiyyah, 2:601; lihat Thabathabai, Sunan al-Nabi saw 102-105).

(Tulisan ini diambil dari buku tebaru Jalaluddin Rakhmat, “The Road to Muhammad”)

Selasa, 23 Februari 2010

Ciri-Ciri Ummat Muhammad SAW

“Muhammad adalah utusan Allah. Dan orang-orang yang bersama-sama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir tetapi berkasih-sayang terhadap sesamanya (sesama Muslim). Kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia dan keridhaan Allah. Tanda-tanda mereka tampak pada wajah mereka bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka digambarkan dalam Kitab Taurat dan Kitab Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya dan tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas pokoknya.

Tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al-Fath: 29)

Ayat diatas terdapat didalam Surah Al-Fath. Surah ini diberi nama “Al-Fath” yang berarti kemenangan, karena banyak menggambarkan tentang kemenangan yang akan didapatkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga pada waktu surah ini diturunkan Nabi berkata kepada sahabat-sahabatnya, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat yang surat itu benar-benar lebih aku cintai daripada seluruh apa yang disinari matahari“ (Riwayat Bukhari).

Dalam ayat 29 ini Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan tentang ciri-ciri dari pengikut Nabi Muhammad SAW. Dikatakan bahwa pengikut Nabi itu memiliki ciri-ciri:

1. Perinsip yang tegas melawan kekafiran

Kalau menyangkut aqidah dan keyakinan kepada Allah SWT, ummat Muhammad tidak mengenal kompromi. Apalagi tehadap kekafiran. Kendati kondisi kehidupannya dalam keadaan sangat krisis, sampai terancam kematian, seorang beriman yang mencontohi kehidupan Nabinya tidak akan goyah. Orang-orang kafir yang secara realitas di tangannya tergenggam kekayaan duniawi sering memanfaatkan keadaan seperti ini untuk membujuk dan merayu orang beriman, dengan harapan secara perlahan dapat digeser untuk meninggalkan tempatnya bepijak. Kalau tokh orang lain banyak yang goyah, dia berusaha menjadi syuhada ditengah-tengah krisis itu mempertahankan aqidah dan keyakiannya.

2. Bersifat marhamah (kasih-sayang) kepada sesama Muslim

Nabi menggambarkan sifat orang beriman didalam berkasih sayang bagaikan tubuh yang satu. Bila salah satu anggota tubuh itu menderita sakit maka semua anggota tubuh itu ikut merasa sakit dan tidak bisa tidur.

Diceritakan bahwa dalam sutu peperangan yakni Perang Yarmuk, tiga orang sahabat: Ikrimah bin Abi Jahal, Suhail bin Amru, Al-Harits bin Hisyam, terluka karena terkena anak panah. Pada waktu Ikrimah minta air karena kehausan, seorang sahabat memberikannya segelas air. Saat ingin meneguk air itu Suhail yang ada di sebelahnya juga berteriak minta air karena juga kehausan. Ketika air itu sudah sampai di bibirnya Al-Harits di sebelahnya juga berteriak lebih keras karena tidak mampu menahan dahaga. Maka ketika Al-Harits ingin meneguk air itu terdengar suara nafas Suhail tersengal-sengal maka Al-Harits minta agar air itu diserahkan segera kepada sahabatnya. Karena dalam hatinya berkata, “Temanku jauh lebih parah daripadaku.”

Namun ketika gelas diserahkan kepada Suhail, Suhail sudah keburu gugur. Gelas itu kemudian dialihkan kepada Al-Harits, namun sahabat yang ini juga keburu gugur. Akhirnya gelas itu dikembalikan kepada Ikrimah, tapi lagi-lagi Ikrimah sudah gugur. Sehingga tidak seorang pun di antara ketiganya yang sempat membasahi kerongkongannya dengan segelas air.

Ini satu contoh ekstrim bagaimana perasaan cinta yang tumbuh di kalangan sahabat. Bukan dalam keadaan normal saja mereka tergerak untuk memberi pertolongan tapi dalam keadaan jiwa terancam pun lebih mementingkan saudaranya daripada dirinya sendiri.

Kembang-kembang cinta inilah yang sudah tak nampak di taman kehidupan ummat Islam dewasa ini. Tak ada mawar berduri menjadi pagarnya dan tak ada lagi kembang melati, kembang bougenvil, nusa indah, anggrek, seruni yang menghiasinya. Jadilah taman kehidupan ummat Islam menjadi gersang, tidak mendatangkan kesejukan. Padahal cinta mencintai ini merupakan ciri kehidupan ummat Muhammad yang menjadi lem perekat antara yang satu dengan yang lain.

3. Tegak di atas kekuatan ibadah

Mereka menjadikan rukuk dan sujud (ibadah shalat) sebagai pekerjaan utamanya. Tidak ada yang dijadikan media paling utama untuk menyedot dan menyadap kekuatan Ilahi selain shalat. Mereka juga menjadikan shalat sebagai sarana merendahkan diri di hadapan Allah SWT sehingga kelembutannya tidak mudah disudu dan kekerasannya tidak mudah ditukik, sebagaimana kata peribahasa. Artinya baik sifat lemah lembutnya ataupun ketegasannya tidak dapat dimanfaatkan oleh musuh untuk merusaknya.

Kekuatan Ilahiyah yang telah membentuk kepribadian dan perwatakannya begitu dominan sehingga tidak ada kekuatan yang dapat mendobraknya. Padahal kalau orang menyaksikan apa yang mereka lakukan di malam hari; yang rukuk dan sujud merapatkan wajah ke tanah, seperti tidak mempunyai kekuatan sedikit pun. Terkesan seperti manusia cengeng karena malam-malamnya dipenuhi dengan tangis sesenggukan menghadap Tuhannya. Pada saat itulah kekuatan Ilahiyah tersedot memberi energi dan spirit. Sehingga di kala mereka tampil di medan perang, ibarat singa kelaparan. Atau di kala mereka melakukan aktivitas keseharian nampak energik dan penuh kesungguhan.

4. Wajah-wajah berseri

Ciri lain dari umat Muhammad SAW adalah mukanya berseri-seri. Namun perlu disadari bahwa wajah yang berseri-seri ini tidaklah serta merta datangnya. Itu adalah pengaruh dari hati yang bening. Pengaruh dari rukuk dan sujud serta upaya pendekatan diri kepada Allah SWT yang dilakukannya setiap saat. Memang Nabi pernah mengatakan, ”Barang siapa yang banyak melakukan shalat tengah malam, maka jernihlah wajahnya di siang hari”. (Riwayat Al-A’masy).

Nabi Muhammad SAW memiliki wajah yang seperti ini. Tidak pernah jemu orang menatapnya. Tidak sedikit orang terpengaruh masuk Islam adalah setelah melihat wajah Nabi Muhammad yang memiliki daya pikat yang luar biasa. Orang yang menatap wajahnya dapat menyimpulkan bahwa pemilik wajah seperti itu tidak mungkin pembohong; tidak mungin penipu; lebih-lebih lagi tidak mungkin penjahat. Sebelum Nabi berbicara, orang yang yang menikmati senyumnya telah terpesona duluan.

Demikian inilah semestinya wajah-wajah dan postur orang Mukmin. Kepadanya tumpuan orang untuk menyelesaikan problemnya. Dan di kala berjumpa, baru saja menatap wajahnya sudah selesai sebagian besar permasalahannya. Karena senyumnya yang sejuk langsung menyusup ke kalbu, mencairkan gumpalan problem yang ada di dalamnya.

5. Pertumbuhannya menakjubkan kalangan Islam dan membuat dongkol kalangan musuh

Ummat Muhammad SAW pertumbuhannya ibarat sebatang tunas yang awalnya kecil lalu dengan cepat tumbuh besar menjadi rindang. Tunas awal itu adalah Khadijah binti Khuwailid, seorang janda kaya. Kemudian menyusul Abu Bakar As-Shiddiq, sebagai orang dewasa. Ali bin Abi Thalib yang masih anak-anak dan Sa’id bin Haritsa dari kelompok budak. Dari tunas awal inilah kemudian tumbuh menjadi rimbun. Akarnya terhunjam ke petala bumi dan dahan dan rantingnya menjulang ke angkasa.

Dalam waktu yang relatif singkat menurut ukuran kurun peradaban, Islam berkembang sangat pesat. Memang menakjubkan kalangan Islam dan menimbulkan kedongkolan musuh-musuh Islam.

Demikianlah manuver-manuver peperangan yang dilancarkan ummat Islam, orang kafir selalu berada dalam posisi terpecundang. Kini, dari tunas yang kecil itu telah meliputi dunia dengan jumlah satu milyar orang.

Allah SWT menutup ayat 29 ini dengan firman-Nya: “Allah menjanjikan orang-orang yang beriman dan beramal shalih di antara mereka dengan ampunan dan pahala yang besar.” * (Manshur Salbu/Hidayatullah).

Sabtu, 20 Februari 2010

asma'ul husna

ALLAH memiliki nama-nama yang baik yang disebut dengan Asmaul Husna.
Rasulullah SAW menjelaskan bahwa al-Asma al-Husna ini jumlahnya ada 99, karena ALLAH menyukai bilangan yang ganjil.

Sesungguhnya ALLAH mempunyai sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu. Barangsiapa menghitungnya, niscaya ia masuk surga. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sembilan puluh sembilan nama tsb menggambarkan betapa baiknya ALLAH. Nama-nama dalam Asmaul Husna ini, ALLAH sendirilah yang menciptakannya.

Dia-lah ALLAH yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang Membentuk Rupa, yang Mempunyai Nama-Nama yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr: 24)

Sebutlah nama-nama ALLAH, dalam setiap zikir dan doa kita. Jika kita memohon diberi petunjuk, sebutlah nama Al-Hâdi (Maha Pemberi Petunjuk). Jika kita mohon diberi sifat kasih sayang, sebutlah nama Ar-Rahmân (Maha Pengasih). Semoga doa kita akan semakin makbul.
Anjuran untuk menggunakan Asmaul Husna dalam berzikir dan berdoa, diterangkan oleh ALLAH SWT dalam Al-Quran.

Hanya milik ALLAH asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-A'râf: 180)
Asmaul Husna hanya milik ALLAH SWT. Manusia sebagai makhluk-Nya hanya dapat memahami, mempelajari, dan meniru kandungan makna dari nama yang baik tsb dalam kehidupan sehari-hari.berikut adalah ke 99 asmaul husna:

1. ar-Rahmaan artinya : Yang Maha Pemurah ,sumber surat : Al-Faatihah: 3
2. ar-Rahiim artinya : Yang Maha Pengasih ,sumber surat : Al-Faatihah: 3
3. al-Malik artinya : Maha Raja ,sumber surat : Al-Mu'minuun: 11
4. al-Qudduusartinya : Maha Suci ,sumber surat : Al-Jumu'ah: 1
5. as-Salaam artinya : Maha Sejahtera ,sumber surat : Al-Hasyr: 23
6. al-Mu'min artinya : Yang Maha Terpercaya ,sumber surat : Al-Hasyr: 23
7. al-Muhaimin artinya : Yang Maha Memelihara ,sumber surat : Al-Hasyr: 23
8. al-'Aziiz artinya : Yang Maha Perkasa ,sumber surat : Aali 'Imran: 62
9. al-Jabbaar artinya : Yang Kehendaknya Tidak Dapat Diingkari Al-Hasyr: 23
10. al-Mutakabbir artinya : Yang Memiliki Kebesaran ,sumber surat : Al-Hasyr: 23
11. al-Khaaliq artinya : Yang Maha Pencipta ,sumber surat : Ar-Ra'd: 16
12. al-Baari' artinya : Yang Mengadakan dari Tiada ,sumber surat : Al-Hasyr: 24
13. al-Mushawwir artinya : Yang Membuat Bentuk ,sumber surat : Al-Hasyr: 24
14. al-Ghaffaar artinya : Yang Maha Pengampun ,sumber surat : Al-Baqarah: 235
15. al-Qahhaarartinya : Yang Maha Perkasa ,sumber surat : Ar-Ra'd: 16
16. al-Wahhaab artinya : Yang Maha Pemberi ,sumber surat : Aali 'Imran: 8
17. ar-Razzaq artinya : Yang Maha Pemberi Rezki Adz-Dzaariyaat: 58
18. al-Fattaah artinya : Yang Maha Membuka (Hati) ,sumber surat : Sabaa': 26
19. al-'Aliim artinya : Yang Maha Mengetahui ,sumber surat : Al-Baqarah: 29
20. al-Qaabidh artinya : Yang Maha Pengendali ,sumber surat : Al-Baqarah: 245
21. al-Baasithartinya : Yang Maha Melapangkan ,sumber surat : Ar-Ra'd: 26
22. al-Khaafidh artinya : Yang Merendahkan ,sumber surat : Hadits at-Tirmizi
23. ar-Raafi' artinya : Yang Meninggikan ,sumber surat : Al-An'aam: 83
24. al-Mu'izz artinya : Yang Maha Terhormat ,sumber surat : Aali 'Imran: 26
25. al-Mudzdzill artinya : Yang Maha Menghinakan Aali 'Imran: 26
26. as-Samii' artinya : Yang Maha Mendengar ,sumber surat : Al-Israa': 1
27. al-Bashiir artinya : Yang Maha Melihat ,sumber surat : Al-Hadiid: 4
28. al-Hakam artinya : Yang Memutuskan Hukum ,sumber surat : Al-Mu'min: 48
29. al-'Adl artinya : Yang Maha Adil ,sumber surat : Al-An'aam: 115
30. al-Lathiif artinya : Yang Maha Lembut ,sumber surat : Al-Mulk: 14
31. al-Khabiir artinya : Yang Maha Mengetahui ,sumber surat : Al-An'aam: 18
32. al-Haliim artinya : Yang Maha Penyantun ,sumber surat : Al-Baqarah: 235
33. al-'Azhiim artinya : Yang Maha Agung ,sumber surat : Asy-Syuura: 4
34. al-Ghafuur artinya : Yang Maha Pengampun A,sumber surat : ali 'Imran: 89
35. asy-Syakuur artinya : Yang Menerima Syukur ,sumber surat : Faathir: 30
36. al-'Aliyy artinya : Yang Maha Tinggi ,sumber surat : An-Nisaa': 34
37. al-Kabiir artinya : Yang Maha Besar ,sumber surat : Ar-Ra'd: 9
38. al-Hafiizh artinya : Yang Maha Penjaga ,sumber surat : Huud: 57
39. al-Muqiit artinya : Yang Maha Pemelihara ,sumber surat : An-Nisaa': 85
40. al-Hasiib artinya : Yang Maha Pembuat Perhitungan ,sumber surat : An-Nisaa': 6
41. al-Jaliil artinya : Yang Maha Luhur ,sumber surat : Ar-Rahmaan: 27
42. al-Kariim artinya : Yang Maha Mulia ,sumber surat : An-Naml: 40
43. ar-Raqiib artinya : Yang Maha Mengawasi ,sumber surat : Al-Ahzaab: 52
44. al-Mujiib artinya : Yang Maha Mengabulkan ,sumber surat : Huud: 61
45. al-Waasi' artinya : Yang Maha Luas ,sumber surat : Al-Baqarah: 268
46. al-Hakiim artinya : Yang Maha Bijaksana ,sumber surat : Al-An'aam: 18
47. al-Waduud artinya : Yang Maha Mengasihi ,sumber surat : Al-Buruuj: 14
48. al-Majiid artinya : Yang Maha Mulia ,sumber surat : Al-Buruuj: 15
49. al-Baa'its artinya : Yang Membangkitkan ,sumber surat : Yaasiin: 52
50. asy-Syahiid artinya : Yang Maha Menyaksikan ,sumber surat : Al-Maaidah: 117
51. al-Haqq artinya : Yang Maha Benar ,sumber surat : Thaahaa: 114
52. al-Wakiil artinya : Yang Maha Pemelihara ,sumber surat : Al-An'aam: 102
53. al-Qawiyy artinya : Yang Maha Kuat ,sumber surat : Al-Anfaal: 52
54. al-Matiin artinya : Yang Maha Kokoh ,sumber surat : Adz-Dzaariyaat: 58
55. al-Waliyy artinya : Yang Maha Melindungi ,sumber surat : An-Nisaa': 45
56. al-Hamiid artinya : Yang Maha Terpuji ,sumber surat : An-Nisaa': 131
57. al-Muhshi artinya : Yang Maha Menghitung ,sumber surat : Maryam: 94
58. al-Mubdi' artinya : Yang Maha Memulai ,sumber surat : Al-Buruuj: 13
59. al-Mu'id artinya : Yang Maha Mengembalikan ,sumber surat : Ar-Ruum: 27
60. al-Muhyi artinya : Yang Maha Menghidupkan ,sumber surat : Ar-Ruum: 50
61. al-Mumiit artinya : Yang Maha Mematikan ,sumber surat : Al-Mu'min: 68
62. al-Hayy artinya : Yang Maha Hidup ,sumber surat : Thaahaa: 111
63. al-Qayyuum artinya : Yang Maha Mandiri ,sumber surat : Thaahaa: 11
64. al-Waajid artinya : Yang Maha Menemukan ,sumber surat : Adh-Dhuhaa: 6-8
65. al-Maajid artinya : Yang Maha Mulia ,sumber surat : Huud: 73
66. al-Waahid artinya : Yang Maha Tunggal ,sumber surat : Al-Baqarah: 133
67. al-Ahad artinya : Yang Maha Esa ,sumber surat : Al-Ikhlaas: 1
68. ash-Shamad artinya : Yang Maha Dibutuhkan ,sumber surat : Al-Ikhlaas: 2
69. al-Qaadir artinya : Yang Maha Kuat ,sumber surat : Al-Baqarah: 20
70. al-Muqtadir artinya : Yang Maha Berkuasa ,sumber surat : Al-Qamar: 42
71. al-Muqqadim artinya : Yang Maha Mendahulukan ,sumber surat : Qaaf: 28
72. al-Mu'akhkhir artinya : Yang Maha Mengakhirkan ,sumber surat : Ibraahiim: 42
73. al-Awwal artinya : Yang Maha Permulaan ,sumber surat : Al-Hadiid: 3
74. al-Aakhir artinya : Yang Maha Akhir ,sumber surat : Al-Hadiid: 3
75. azh-Zhaahir artinya : Yang Maha Nyata ,sumber surat : Al-Hadiid: 3
76. al-Baathin artinya : Yang Maha Gaib ,sumber surat : Al-Hadiid: 3
77. al-Waalii artinya : Yang Maha Memerintah ,sumber surat : Ar-Ra'd: 11
78. al-Muta'aalii artinya : Yang Maha Tinggi ,sumber surat : Ar-Ra'd: 9
79. al-Barr artinya : Yang Maha Dermawan Ath-Thuur: 28
80. at-Tawwaab artinya : Yang Maha Penerima Taubat ,sumber surat : An-Nisaa': 16
81. al-Muntaqim artinya : Yang Maha Penyiksa ,sumber surat : As-Sajdah: 22
82. al-'Afuww artinya : Yang Maha Pemaaf ,sumber surat : An-Nisaa': 99
83. ar-Ra'uuf artinya : Yang Maha Pengasih ,sumber surat : Al-Baqarah: 207
84. Maalik al-Mulk artinya : Yang Mempunyai Kerajaan Aali 'Imran: 26
85. Dzaljalaal wa al-'Ikraam artinya : Yang Maha Memiliki Kebesaran serta Kemuliaan Ar-Rahmaan: 27
86. al-Muqsith artinya : Yang Maha Adil ,sumber surat : An-Nuur: 47
87. al-Jaami' artinya : Yang Maha Pengumpul ,sumber surat : Sabaa': 26
88. al-Ghaniyy artinya : Yang Maha Kaya ,sumber surat : Al-Baqarah: 267
89. al-Mughnii artinya : Yang Maha Mencukupi ,sumber surat : An-Najm: 48
90. al-Maani' artinya : Yang Maha Mencegah ,sumber surat : Hadits at-Tirmizi
91. adh-Dhaarr artinya : Yang Maha Pemberi Derita ,sumber surat : Al-An'aam: 17
92. an-Naafi' artinya : Yang Maha Pemberi Manfaat ,sumber surat : Al-Fath: 11
93. an-Nuur artinya : Yang Maha Bercahaya ,sumber surat : An-Nuur: 35
94. al-Haadii artinya : Yang Maha Pemberi Petunjuk ,sumber surat : Al-Hajj: 54
95. al-Badii' artinya : Yang Maha Pencipta ,sumber surat : Al-Baqarah: 117
96. al-Baaqii artinya : Yang Maha Kekal ,sumber surat : Thaahaa: 73
97. al-Waarits artinya : Yang Maha Mewarisi ,sumber surat : Al-Hijr: 23
98. ar-Rasyiid artinya : Yang Maha Pandai ,sumber surat : Al-Jin: 10
99. ash-Shabuur artinya : Yang Maha Sabar ,sumber surat : Hadits at-Tirmizi

Doa umat Baginda Rasulullah

Allaahumma ashlih `ummata muhammadin s.a.w.
Ya Allah, rukunilah seluruh ummat Nabi Muhammad s.a.w

Allaahumma `rham `ummata muhammadin s.a.w.
Ya Allah, rahamatilah seluruh ummat Nabi Muhammad s.a.w

Allaahumma `stur `ummata muhammadin s.a.w.
Ya Allah, sembunyikanlah kekurangan seluruh ummat Nabi Muhammad s.a.w

Allaahumma `ghfir li `ummata muhammadin s.a.w.
Ya Allah, ampunilah seluruh ummat Nabi Muhammad s.a.w

Allaahumma `hfazh `ummata muhammadin s.a.w.

Ya Allah, periharalah (lindungi, jagalah) seluruh ummat Nabi Muhammad
s.a.w

Allaahumma `nshur `ummata muhammadin s.a.w.

Ya Allah, berikanlah bantuan (pertolongan) seluruh ummat Nabi Muhammad
s.a.w

Yaa `arhamar-roohimiyna `irhamnaa

Wahai Yang Maha Penyayang diantara penyayang, kasih sayangilah kami

Yaa `arhamar-roohimiyna fa'fu `annaa

Wahai Yang Maha Penyayang diantara penyayang, ampunilah kami

Yaa `arhamar-roohimiyn

Wahai Yang Maha Penyayang diantara penyayang

Yaa ghoffaarodz- dzunuwb

Wahai Yang Maha Pengampun dosa-dosa

Yaa sattaarol-`uyuwb

Wahai Yang Menyembuyikan Kekurangan

Yaa fattaahal-quluwb

Wahai Yang Membuka Hati

Allaahumma `sqinaal- ghoytsa suqyaa rohmatin wa laa taj'alnaa minal

Ya Allah, jadikanlah kami semua termasuk orang-orang yang meminum air
dari hujan rahmat-Mu dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang yang
bersedih hati

Aamiyn, aamiyn, aamiyn,

Amin, amin, amin

Wa sallamun `alal mursaliyna wal handulillaahi rabbil `aalamiyn

Semoga kedamaian (keselamatan) dilimpahkan kepada para rasul-Nya dan
segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

Rp.10.000,- 3 Lembar

Seorang ayah ingin mengajarkan kepada anaknya sejak dini yang baru duduk dikelas 3 SD untuk mengatur uang jajannya. Sang anak diberi uang Rp 30.000 perminggu (termasuk ongkos ojek). Biasanya uang tersebut diberikan sang ayah sehari sebelum anaknya masuk sekolah.

Pada minggu pagi mereka berdua hendak jalan-jalan ke kota untuk menikmati liburan. Sebelum berangkat, tak lupa sang ayah memberikan uang jajan mingguan anaknya dengan tiga lembar uang Rp 10.000. Dan uang tersebut disimpan rapi dalam saku celananya.

Ditengah keasikan sang ayah dan anaknya menikmati hari libur mereka, tiba-tiba keduanya dikejutkan dengan kedatangan seorang kakek pengemis yangg telah tua renta sambil memelas.
Tak tega melihat sang kakek tua memelas, sang anak dengan sigap langsung mengeluarkan 3 lembar uang 10.000,- dari saku celana dan diberikan seluruhnya.

Kontan saja kakek pengemis ini terlihat sangat senang seraya mengucapkan rasa syukur dan terimakasih yang tak terkira kepada sang anak dan ayahnya ini.

Setelah si kakek tua berlalu, kemudian sang ayah bertanya;
“Sayang, kenapa kamu berikan semua uangmu untuk kakek itu? Bukankah satu lembar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya hingga nanti malam?”

“Ayah..kalau kakek tua itu ikhlas menerima yang sedikit maka aku ikhlas untuk memberikan yang lebih besar!” Jawab anaknya dengan wajah tersenyum..

“Tek!!!” Hati sang ayah langsung tersentak kaget mendengar jawaban tersebut.

“Nah, terus uang jajanmu untuk seminggu ke depan bagaimana?” Tanya sang ayah mencoba menguji.

“Kan aku masih punya ayah dan bunda! Tidak seperti kakek tua itu yang mungkin hanya hidup sebatangkara di dunia ini.” Balas anaknya.

“Kenapa kamu begitu yakin kalo ayah dan bunda akan mengganti uang jajanmu? Ayah nggak janji loh?” Kembali sang ayah mengujinya.

“Kalo ayah merasa bahwa aku adalah amanah dari Allah yang dititipkan kepada ayah dan bunda, maka aku sangat yakin ayah dan bunda tak akan membiarkan aku kelaparan seperti kakek tua itu..” Jawab sang anak mantap.

Seakan sang ayah tak percaya dengan jawaban dari putranya hingga ia kehabisan kata-kata. Ia tak menyangka jawaban seperti itu keluar dari seorang bocah kelas 3 SD. Ia seperti sedang berhadapan dengan seorang ulama besar dan ia tak bernilai apa-apa ketika berada dihadapannya.

Lalu ia berjongkok dan memegang kedua pundak anaknya..
“Sayang…ayah dan bunda janji akan selalu menjaga dan merawatmu hingga Allah tetapkan batas umur ini. Ayah sangat sayang padamu..” Sambil kedua matanya berkaca-kaca seolah tak kuat menahan haru..


Sambil memegang kedua pipi ayahnya, sang anak membalas,
“Ayah tak perlu berkata seperti itu. Sejak dulu aku sudah tahu bahwa ayah dan bunda sangat mencintai dan menyayangiku. Kelak jika aku sudah dewasa aku akan selalu menjaga ayah dan bunda, dan aku tidak akan membiarkan ayah dan bunda hidup dijalan seperti kakek tua itu…”

Dan airmata sang ayahpun tak terbendung mendengar jawaban tulus dari anaknya. Dipeluklah tubuh mungil itu dengan sangat erat. Dan kedua larut dalam haru dan kasih sayang.
Sahabat....., Luqman adalah tokoh orang tua yang bijak dalam mendidik anak yang diabadikan dalam Al-Qur’an, ada beberapa Nasehat dari Lukman kepada anaknya yang bisa kita ambil sebagai pelajaran kepada anak-anak kita atau anak buah kita ( tentu saja redaksinya silahkan Anda rubah sesuai dengan kondisi ), nasehat-nasehat tersebut diantaranya :

1. Anakku ketahuilah sesungguhnya dunia ini bagaikan lautan yang dalam, banyak yang karam kedalamnya bila engkau ingin selamat , agar jangan karam, layarilah lautan itu dengan sampan yang bernama taqwa, isinya ialah iman dan layarnya adalah tawakkal kapada Allah

2. Orang yang senantiasa menyediakan dirinya untuk menerima nasehat, maka dirinya akan mendapatkan penjagaan dari Allah. Orang yang insyaf dan sadar setelah menerima nasihat orang lain, dia kan senantiasa menerima kemuliaan dari Allah juga.

3. Orang yang merasa dirinya hina dan merasa rendah dalam beribadah dan taat kepada Allah, jadilah ia tawadhu’ kepada Allah , dia akan lebih dekat dengan Allah dan selalu berusaha menghindarkan ma’siat kepada-Nya.

4. Hai anakku; seandainya orang tuamu marah kapadamu karena kesalahanmu maka marahnya orang tua itu adalah bagaikan pupuk bagi tanaman.

5. Jauhkanlah dirimu dari berhutang , karena berhutang itu menjadikan dirimu hina diwaktu siang dan gelisah diwaktu malam.

6. Senantiasalah berharap kapada Allah tentang sesuatu yang menyebabkan untuk tidak mendurhakai Allah. Takutlah kapada Allah dengan sebenar-benarnya takut, tentulah engkau akan lepas dari sifat keputusasaan dari Rahmat-Nya

7. Hai anakku ; seorang pendusta akan lekas hilang air mukanya karena tidak dipercyai orang dan seorang yang telah bejat akhlaqnya akan senantiasa banyak melamunkan hal-hal yang tidak benar. Ketahuilah , memindahkan batu besar dari tempatnya semula itu lebih mudah daripada memberi pengertian kepada orang yang tidak mau mengerti.

8. Hai anakku ; engkau telah merasaan betapa beratnya mengangkat batu besar dan besi yang amat berat, tetapi akan lebih berat lagi dari pada itu semua adalah bilamana engkau mempunya tetangga yang jahat.

9. Hai anakku ; janganlah sekali-kali engkau mengirimkan seseorang yang bodoh menjadi utusan. Maka bila tidak ada orang yang cerdas dan pintar, sebaiknya dirimu sendirilah yang menjadi utusan.

10. Jauhilah sifat dusta, sebab berdusta itu enak sekali mengerjakanya, bagaikan memakan daging burung, padahal sedikit saja berdusta itu telah memberikan akibat yang berbahaya.

11. Hai anakku ; bila engkau menghadapi dua alternative ta’ziyah orang mati ataukah menghadiri pesta perkawinan maka hendaklah engkau memilih untuk melayat orang mati, sebab melayat orang mati itu akan mengingatkanmu pada kampung akhirat, sedangkan menghadiri pesta perkawinan itu akan mengingatkanmu kesenangan duniawi saja.
12. Janganlah engkau makan sampai kenyang yang berlebihan, karena sesungguhnya makan yang terlalu kenyang itu alangkah lebih baiknya bila diberikan kepada anjing saja.

13. Hai anakku ; jangnlah kamu langsung menelan saja karena manisnya barang dan janganlah kamu langsung memuntahkan barang karena pahitnya. Karena yang manis itu belum tentu menimbulkan kesegaran, dan yang pahit itu belum tentu menimbulkan kegetiran.

14. Makanlah makananmu bersama-sama dengan orang yang taqwa dan musyawarahkanlah urusanmu dengan para alim ulama dengan cara memohon nasihat kepadanya.

15. Hai anakku ; bukanlah suatu kebaikan namanya bilamana engkau selalu mencri ilmu namun engkau tidak mengamalkanya. Hal itu tak ubahnya bagaikan seorang yang mencari kayu bakar, banyak terkumpul maka ia tidak kuat memikulnya tetapi ia masih selalu menambahnya juga

16. Hai anakku ; bila engkau ingin menemukan kawan sejati, maka ujilah dahulu dengan membikin dia marah bila dalam kemarahanya itu dia masih berusaha menginsyafkan atau menyadarkan kamu, maka bolehlah dia engkau ambil sebagai kawan. Bila tidak demikian maka berhati-hatilah engkau terhadapnya.

17. Selalulah baik tutur katamu dan halus budi bahasamu serta manis wajahmu, karena engkau akan disukai orang melebihi sukanya seseoran terhadap orang lain yang pernah memberikan barang berharganya.

18. Hai anakku ; bila engkau berteman, tempatkan dirimu padanya sebagai orang yang tidak mengharapkan sesuatu daripadnya namun biarkan dia yang mengharapkan sesuatu darimu.

19. Jadikanlah dirimu dalam segala perilakumu sebagai orang yang tidak ingin menerima pujian atau orang yang mengharapkan sanjungan orang lain, karena motivasi riya/pamrih itu menimbulkan cela.

20. Hai anakku ; usahakanlah agar mulutmu jangan sampai mengeluarkan kat-kata yang busuk dan kotor serta kasar, karena engkau akan lebih selamat bila berdiam diri. Kalu berbicara usahakanlah agar bicaramu mendatangkan kemanfaatan bagi orang lain.

21. Hai anakku ; janganlah engkau condong kepada urusan dunia dan hatimu selalu direpotkan dunia saja karena engkau diciptakan kedunia bukanlah untuk dunia saja. Sesungguhnya tak ada makhluk yang paling hina dari pada orang yang terpedaya oleh dunia.

22. Hai anakku janganlah engkau mudah tertawa kalau bukan karena sesuatu yang menggelikan engkau berjalan tanpa tujuan pasti, janganlah engkau menanyakan sesuatu yang tidak ada gunanya bagimu, janganlah menyia-nyiakan hartamu.

23. barang siapa yang penyayang akan disayang, barang siapa pendiam tentu akan selamat dari berkata yang mengandung racun, dan barang siapa yang tidak bisa menahan lidahnya dari berkata kotor tentulah akan menyesal.

24. Hai anakku ; bergaulah rapat engkau dengan orang Ulama dan Ilmuwan, perhatikan lah nasihat dan perkataanya karena sesungguhnya sejuklah hati ini mendengarkan nasihatnya hiduplah hati ini dengan cahaya hikmah dari mutiara kata-katanya bagaikan tanah yang subur tersiram air hujan.

25. Hai anakku ; ambillah harta dunia sekedar keperluanmu, dan nafkahkanlah yang selebihnya untuk bekal akhiratmu. Janganlah kau tendang dunia ini ke keranjang sampah karena nanti engkau akan menjadi pengemis yang membuat beban orang lain. Sebaliknya jangan engkau peluk dunia ini serta merengguk habis airnya karena sesungguhnya yang engkau makan dan pakai itu adalah tanah belaka.

Mari Kita Lahirkan Generasi Yang Tangguh Bersama Rumah Yatim Indonesia , Abadikan Yang Tersisa Untuk Menguatkan Mereka Yang Lemah. http://www.rumah-yatim-indonesia.org